Sunday, March 22, 2009

Kamera Untuk Pemula

Kamera dengan tampilan sederhana ini memang dibuat untuk para pemula. Kodak tak memberikan banyak kemungkinan untuk melakukan pengaturan manual pada kamera ini. Tapi kalau sekedar untuk membuat foto-foto dokumentasi, Kodak EasyShare M1033 ini sudah mampu memberikan kualitas gambar yang memadai selama Anda tak bermaksud mencetaknya dalam ukuran super besar. Tak seperti pada kebanyakan kamera saku, Kodak khusus merancang antarmuka dan sistem kendali kamera ini untuk mudah dipelajari meski bagi orang yang pertama kali memegang kamera digital sekalipun. Jadi bisa dipastikan kamera ini akan sangat menarik bagi para pemula yang belum banyak tahu soal kamera dan fotografi. Bagi yang sudah terbiasa dan ingin 'bermain-main' dengan kamera, agaknya Anda harus mencari pilihan lain.

Kamera ini punya bodi yang cukup langsing dan ringkas. Tak banyak pernak-pernik pada tampilan depan maupun belakangnya. Bahkan rancangan tombolnya pun dibuat sangat sederhana dan 'berbeda' dari kebanyakan kamera. Anda tak akan menemukan tombol berbentuk dial atau yang berbentuk lever pada kamera ini. Karenanya, tampilan pun terlihat jadi sangat bersih. Namun soal spesifikasi, Kodak EasyShare M1033 ini juga tak bisa dibilang terlalu buruk. Setidaknya, sensornya sudah menggunakan yang berukuran 10 megapixel dengan dukungan lensa yang mampu melakukan optical zoom hingga 3x. Untuk memantau, Kodak menyediakan layar LCD berukuran 3 inci di bagian belakang dari kamera ini. Fitur-fitur seperti face detection, pengaturan white balance dan kemampuan merekam video juga sudah ditanamkan Kodak pada kamera ini.

Ada empat buah mode yang bisa dipilih pengguna: smart picture, program, scene dan video sementara mode manual tak disediakan. Tapi bila sekedar mengubah ISO, fokus, exposure compensation, white balance dan light metering saja, kamera Kodak masih mengijinkannya.
Dalam kondisi pencahayaan yang cukup terang, kamera ini mampu bekerja dengan baik. Hasil bidikan cukup bagus meski tak terlalu cerah dan tajam. Malahan ada kecenderungan hasil bidikan terlihat sedikit soft. Tapi jangan coba-coba membawa kamera ini ke lokasi yang kurang pencahayaan, karena hasil bidikan akan mulai menampakkan noise.

Jadi terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, kamera ini tak menjanjikan lebih dari sekedar alat untuk membuat dokumentasi. Namun situs Australia, Good Gear Guide masih bersedia memberikan nilai cukup tinggi karena mempertimbangkan kemudahan penggunaan, dan mode macro kamera ini yang menurut mereka sangat bagus. Setidaknya, untuk harga US$135 atau setara Rp1.500.000, kamera ini cukup sepadan dengan fitur yang ditawarkan.

Spesifikasi Kodak EasyShare M1033:

Sensor : 1/2.3 in. CCD, 10 megapixel
Lensa : 35–105 mm (35 mm equiv.)
Zoom : 3x optical, 5x digital
Viewfinder : N/A
LCD Monitor : 3 in LCD
Maximum Aperture: f/3.1–5.7
Shutter Speed : 8–1/1448 sec.
White Balance : auto, daylight, tungsten, fluorescent, open shade
Flash : Built-in dengan red-eye reduction
Shooting Modes : smart capture mode, program mode, scene modes, video mode
Efek Foto : -
MediaPenyimpanan: 32 MB + SDHC/SD card expansion slot
File Format : JPEG/EXIF v2.21
Interfaces : A/V output, USB
Dimensi : 93.7 × 57.8 × 20.7 mm
(sumber)

No comments:

Post a Comment