Monday, March 23, 2009

Tips dan Trik Baterai Notebook

Menyikapi isi dari content yang sebelumnya, setelah dipikir-pikir tentunya teman-teman pemimpi gadget, khususnya para pecinta notebook (yang menjadikan notebook sebagai kebutuhan pokok dari kehidupan sehari-hari) sudah barang pasti ingin memiliki baterai yang awet dan bisa bertahan selama 24 jam sehingga problem baterai notebook yang kita alami selama ini hilang dari peredaran mulai dari Cuma tahan 1 sampai 1,5 jam sampai yang bisa meledak kaya mercon, halah! lebai

Akan tetapi, jika yang mana, dari pada siapa, kemana dan mengapa!?! jika situasi dan kondisi teman-teman pemimpi gadget belum mengizinkan impian tersebut jangan berkecil hati dulu (apalagi berkecil kantong, bisa2 tidak akan terealisasi selama-lamanya) berikut ada beberapa tips dan trick agar baterai notebook yang kita miliki sekarang ini dapat awet semaksimal mungkin, ya,,,,,sebelas duabelaslah dengan baterai yang katanya tahan 24 jam (udah kaya rumah sakit aja pelayanan non stop 24 jam) so...Ce KI dot!!!
tips dan trick :
* Baterai notebook dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun, jadi jangan gunakan Notebook di atas pangkuan anda dan hindari meletakan notebook pada permukaan yang lunak atau lembut, misalnya sofa, tempat tidur atau karpet, sebab permukaan seperti itu akan menghambat aliran udara di bawah notebook dan akan menyebabkan overheating.
* Jangan mencharge baterai terus menerus ketika baterai telah terisi penuh, jika ingin memakai notebook dalam jangka waktu lama lepaskanlah baterai dan pergunakan charger saja. menggunakan notebook sambil dicharge juga memperpendek usia baterai karena panas.
* Jangan gunakan Charger atau baterai notebook yang tidak kompatibel serta cabutlah perangkat-perangkat yang tertancap pada notebook jika sudah tidak terpakai jika notebook dalam keadaan hidup ex: kabel kamera, Flashdisk, Card Reader, CD ROM, dsb. Hal ini akan membuat daya pada baterai tidak terbuang sia-sia.
* Jika laptop tidak dipakai dalam jangka waktu lama sebaiknya baterai dilepaskan dan dibungkus baik-baik agar terhindar dari debu dan air.
* Lakukan sirkulasi Elemen Ion yang ada di dalam baterai secara berkala (2x dalam 1 bulan) dengan cara baterai di cahs hingga 100% lalu gunakan notebook dengan menggunakan baterai hingga notebook mati dengan sendirinya, diamkan lebih kurang 4-5 jam, lalu cash kembali hingga penuh 100%.
* Seperti produk elektronik lainnya, baterai notebook juga memiliki charge cycling, jadi bisa diisi berulang-ulang kali sampai umur baterai tersebut habis dengan sendirinya, jadi lakukan charge dan isi baterai secara bijak.
* Nah,,,klo tips di atas sudah dilakukan semua tetapi baterai notebook teman-teman pemimpigadget tidak kunjung berubah (hanya bertahan 1-1,5 jam) atau malah cuma bertahan 5 menit doank, maka akan saya bantu dengan do'a agar teman-teman pemimpigadget dapat merealisasikan keinginan mengganti baterainya dengan yang awet dan tahan 24 jam (mudah-mudahan bisa ganti dengan notebook yang baru sekalian, ya gak coy? )

No comments:

Post a Comment